Catatan Harian 14 Oktober 2020

Menteng, 14 Oktober 2020

Barusan di URJT (unit rawat jalan terpadu) Uro RSCM cape banget. Pulang-pulang mandi, beres2, langsung tepar. Sempet sambil telponan sama Sani bangun2 masih nyala. Dia bilang mau matiin dulu soalnya Kak Risna nelpon. Sore-sore bar bar (baru bangun tidur), langsung cuci muka, terus baca bentar doang soalnya sore mesti Rapid Test buat syarat besok kereta. Emang effort banget sih, cuma mending lah dibanding naik travel, pusing doang yang ada 3 jam gak ngapa-ngapain. Palingan tidur doang terus bangun-bangun sakit kepala. Hadeuhh gak deh. Di kereta vibesnya asik, itung-itung ngilangin penat cuma di Kosan-RSCM pp doang.

Aku tau sih kenapa tepar banget tadi siang. Di poli gabut banget, PF(pemeriksaan fisik) sekali doang, anamnesis empat pasien ya tapi gitu ngedampingin Ppds. Berdiri terus berjam-jam itu yg bikin capek. Lumayan sih td ketemu pasien bocil, diagnosisnya neurogenic bladder gabisa pipis normal pasti tiap pipis ada sisanya di bladder, sampe-sampe bikin hidronefrosis. Hidronefrosis itu perbesaran ginjal gara2 air kencing gabisa keluar terus neken ginjal. Hidronefrosis bahayanya bisa bikin komplikasi gagal ginjal. Nah makanya diwajibin sama dokter ppdsnya masang kateter. Cuma menariknya si anak gamau karena pernah dipasang terus sakit banget dan bikin sumpek. Bapaknya jelasin ini itu kenapa anaknya gamau. Anehnya malah dokternya asik anamnesis sama bapaknya, bukan sama anaknya, jdnya tetep anaknya pas diminta bapaknya tetep gamau. Jadinya dokter rencana ngecek urodinamik aja, eh tp pas tatalaksana urodinamik juga masukin selang yg lebih kecil ke dlm titit dan anaknya tetep gamau.

Di situ akhirnya dokternya minta buat diskusiin dulu di luar bapak ibu sama anaknya supaya mau, soalnya sayang udah jauh-jauh dateng ke RSCM dirujuk minimal buat ngelakuin urodinamik. Aku mikir ini jelas anaknya gamau ya ga dibujuk. Aku coba dateng ke ortu sama bocil ini bilang kalau di RS ini (RSCM) dokter-dokternya hebat, jadi gabakal sakit, akhirnya aku coba aja buat lakuin PF soalnya itung2 latian sambil perlahan dibujuk, terus di-PF sama aku dan Kak Ucca. Di situ dokternya sambil ngasih tau kalau selang urodinamik itu kecil, dan cuma dipake sejam doang. Dia tetep gamau, terus aku sontak tanya ke anaknya “Ahh berani kok adiknya. Adik cita-citanya mau jadi apa?”, terus dia jawab mau jadi polisi. Aku buru2 bicara agak keras “Waah polisi loh cita-citanya, pasti pemberani ini adiknya, gausah ditanya lagi pasti berani buat dipasang selang kecil sebentar (maksudku urodinamik).” Akhirnya anaknya mau.

Aku belum masuk stase anak. Tp menurutku penting banget komunikasi sama pasien. Aku pas ngobrol sama Kak Ucca sama-sama ngewajarin sih pasien-pasiennya ga begitu lancar komunikasi dgn dokter ppds mungkin karena faktor waktu kedua kecapean. Aku jg kalau cape males, bahkan cuma buat ngomong-ngomong kecil. Cuma tetep prinsipku sama seperti Hipokrates yg bilang dokter adalah perantara dua sisi sains dan humaniora. Jadi sekadar penalaran klinis diagnosis pasien gacukup, perlu latihan terus menerus berdialog dgn pasien dan itu kunci utama. Aku juga dari sekarang mikir harus latian dari sekarang sebagaimanapun kondisi tetap mengutamakan komunikasi yg proper dgn pasien.

Remain faithful to the earth with the power of your virtue. Thus spoke Zarathustra. Universitas Indonesia, Medical Doctor.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store